BERTA TERPOPULER

Kembalikan Kejayaan Terminal Tirtonadi



SOLO,terminaltirtonadi.com - Pada era sebelum reformasi terminal besar di Indonesia seperti Terminal Tirtonadi Solo, Terminal Pulogadung Jakarta, Terminal Terboyo Semarang, Terminal Umbulharjo Yogyakarta, dan terminal lainnya menjadi terminal dengan kunjungan penumpang terbanyak. Khususnya masa Mudik Balik Lebaran, terminal tipe A ini dikunjungi ratusan ribu penumpang. 
PO-PO bus yang tersebar di Jawa, Bali, Sumatera ikut meraup rejeki dari aktivitas naik turun penumpang di terminal. Bahkan Perusahaan Otobus (PO) bus kecil yang beroperasi dari terminal ke daerah pun juga mencicipi gula kejayaan  angkutan massal ini. Itu belum jasa transportasi lokal lainnya seperti taksi, ojek, travel, becak, pemilik kios/los, asongan bahkan pengamen ikut menikmati kegiatan massal setiap tahun itu.
Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta sebagai salah satu pelopor terminal tipe A terbesar di Indonesia ingin bernostalgia lagi dengan kejayaan masa lalu. Masyarakat kembali mengidolakan terminal bus dan memakai jasa transportasi yang tersedia di dalamnya. Apalagi Kementerian Perhubungan RI melalu Dirjen Perhubungan Darat sudah all out menyediakan fasilitas di terminal lebih wow keren, sehingga modal untuk mengembalikan kejayaan ini sudah terbuka luas.
Baca : Nomor Wahidkan Pelayanan Penumpang  
Baca : Publik Rindu Transportasi Umum
Koordinator Satuan Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto berharap, Terminal Solo ini bisa menjadi pelopor terminal di Indonesia yang bisa mengembalikan kejayaan tersebut. Dengan begitu, terminal-terminal setipe lainnya di Indonesia, bahkan terminal tipe B dan C juga mengikuti arah pelayanannya. Salah satu cara yang digeber adalah kontinyu menggeber pelayanan prima calon penumpang dan penumpang.


"Kami sudah memiliki model bagus, Terminal Tirtonadi sudah dilengkapi fasilitas-fasilitas terbaik berikut pegawai, staf dan petugas lapangan. Dengan pelayanan sebaik-baiknya kepada calon penumpang/penumpang ini diharapkan masyarakat betah di terminal sekaligus memakai jasa transportasi bus untuk menuju tujuannya," terang Joko, Senin (28/1/2019).
Menurutnya, kenyamanan, keamanan, pemenuhan fasilitas prima di terminal ini penting dan terus diberikan kepada masyarakat, agar pemakai jasa transportasi di terminal ini memiliki pengalaman baik saat berkunjung ke terminal. Dengan begitu, masyarakat akan menambatkan hatinya untuk menggunakan jasa transportasi bus. 
Upaya lain yang digeber adalah memberikan edukasi, sosialisasi kepada masyarakat dan pelajar tentang pentingnya memakai transportasi massal semacam bus. Sosialisasi ini penting diberikan kepada publik, karena transportasi massal seperti bus, kereta api dan pesawat lebih aman dipakai dibandingkan kendaraan pribadi maupun sepeda motor. 
Baca : Stop Pembagian Bus, Dana Operasional Transportasi Umum Lebih Urgen
"Salah satu pentingnya memakai transportasi massal adalah terhindar dari kemacetan atau sedikit banyak mengurangi kemacetan. Karena faktor penyebab dari kemcetan lalu lintas adalah banyaknya kendaraan pribadi baik mobil atau sepedea motor di jalan," terangnya. 
Joko mengungkapkan, Terminal Tirtonadi bakal menggelar event-event berskala besar dalam rangka sosialisasi ke publik terkait eksistensi terminal dan angkutan umum massa bus yang di di Tanah Air pada 2019 ini. Lewat event-event yang digelar di terminal ini setidaknya penumpang yang sudah memakai transportasi massal bus sudah semakin paham kontribusinya mengurangi angka kemacetan dan kecelakaan dan menjadi pelanggan terbaik. 
Simak : Antara Pelayanan Humanis dan Senyum Manis Petugas

No comments