Skybride Turut Menghubungkan Terminal Tirtonadi dan Bandara Solo


fasilitas-skybridge-solo4
SOLO,terminaltirtonadi.com – Jembatan Skybridge yang dibangun di atas tanah warga Solo ini dibangun di atas lahan warga yang sudah dibebaskan oleh pemerintah pusat. Bangunan di atas tanah setinggi 12 meter ini melintang dari utara ke selatan sejauh sekitar setengah kli meter meter. 
Kepala Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto menyampaikan, skybridge yang dibangun mulai 2016-2017 ini difungsikan menjadi penghubung dua layanan transportasi massal Kota Bengawan. Kelak ke depan Terminal Tirtonadi menjadi salah satu lokasi pergantian intermoda pengguna angkutan umum baik kereta api, bus maupun pesawat. 
“Kelak ketika Kereta Bandara di bangun nanti akan menghubungkan Stasiun Balapan dan Bandara Solo. Dengan begitu otomatis Terminal juga akan terhubung Bandara Internasional Adi Soemaro Solo. Meski sekarang ini sudah ada bus Damri yang sudah menghubungkan Terminal Tirtonadi dengan bandara,” imbuhnya. 
fasilitas-skybridge-solo

Baca juga : Ini Fasilitas yang Tersedia di KA Bandara Solo 

Dari penelusuran terminaltirtonadi.com, kota-kota maju di dunia sudah lebih dulu mengadopsi model intermoda semacam ini. Di Asia ada Kota Seoul, Tokyo, Singapura, Beijing, bahkan Kualaumpur. 
Di Tanah Air model semacam ini juga sudah dikembangkan baik di Jawa maupun luar Jawa. Ibukota Jakarta sebagai pusat kota dan pemerintahan memang lebih dulu mengembangkan model ini. Pengembangkan KA bandara dan kereta subway sudah digeber sejak pemerintahan sebelumnya, dan sekarang diseriusi Pemerintahan Jokowi-JK.

Simak juga : Inilah Keunggulan Skybridge Solo di Kota Surakarta 


Di kota kelahiran Presiden Jokowi yakni Solo pembenahan sistem transportasi benar-benar digalakan dimulai dari pengembangan terminal, pembangunan skybridge hingga pembangunan KA Bandara yang saat sedang dikerjakan. 
Fasilitas skybridge Solo ini dibangun pada masa pemerintahan Jokowi-JK. Sempat digagas saat Menhub dipegang Ignasius Jonan, lalu dilanjutkan oleh penggantinya Budi Karya Sumadi. Menhub Budi Karya sendiri yang akhirnya meresmikan jembatan penyeberangan yang monumental ini.


fasilitas-skybridge-solo5

Baca : Ancang-ancang Menuju Terminal Tipe A Wouw Jauh Lebih Keren


Silahkan berikan masukannya di kolom komentar. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk mengKLIK tombol share agar semua orang tahu…

Klik dan Like fanpage (https://www.facebook.com/Terminal-Tirtonadi-Solo-136966650170977/). Ikuti akun twiter  (https://twitter.com/tirtonadisolo)

Post Author: admin

Leave a Reply