Lima PO ini Perintis Operator Bus Double Decker di Indonesia

bus-dobel-decker

(terminaltirtonadi.com) – Putera Mulya Sejahtera, PT Anugerah Mas, PT Efisiensi Putra Utama, PT Sinar Jaya Megah Langgeng, dan PT Bintang Sempati Star serta PT Eka Sari Lorena merupakan lima perusahan otobus (PO) yang pertama kali resmi mengoperasikan bus tingkat (double decker) di Indonesia. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI telah mengeluarkan izin angkutan AKAP dengan menggunakan bus double decker untuk ada lima PO tersebut.
Seremoni bus teranyar ini dioperasikan dengan pelayanan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Bus tipe A di Cilacap, awal Agustus 2017 lalu.
Nah, memasuki 2018, 
Lalu apa yang menarik dengan bus itu. Berikut alasanya, seperti bus milik Lorena Transport Tbk dan Karina Transport. PO ini memiliki 12 unit double decker Mercedes-Benz OC500 RF 2542 yang sasis yang didatangkan langsung dari Jerman.


Salah satu kelebihan dari double decker OC500 RF 2542 adalah sistem tiga gandar (axle) dan suspensi independent RL75E yang ditopang air suspension. Adri Budiman, Deputy Director Bus & Van Sales Operation Commercial Vehicle Mercedes-Benz Indonesia, mengatakan teknologi ini diklim mampu menghadirkan kenyamanan serta kemudahan dalam bermanuver.

bus-decker-dobel

“Dengan suspensi independent, maka saat salah satu ban masuk lubang getaranya tidak akan tersalurkan ke sistem suspensi lain sehingga penumpang tetap nyaman. Tiga gardan memungkinkan roda belakang ikut berbelok saat bus melakukan manuver, hal ini memungkinkan bus tetap nyaman saat berbelok diruas yang minim,” ucap Adri. SUMBER 
SIMAK JUGA :  Ibu Kota Jateng dan Bandar Udara yang Baru 

Silahkan berikan masukannya di kolom komentar. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk mengKLIK tombol share agar semua orang tahu…
Klik juga 

Ikuti akun twiter  (https://twitter.com/tirtonadisolo)

Post Author: admin

Leave a Reply