Pelayanan Transportasi Pelajar Pulau Sebatik Kurang Layak

transportasi-umum-sebatik
(SEBATIK,terminaltirtonadi.com)-Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia, Djoko Setijowarno saat berkunjung ke Pulau Sebatik menyaksikan bahwa tidak ada sarana transportasi umum di sana. Bagi para pendatang harus menyewa kendaraan yang tentunya tarif sewa lebih mahal, jika dibandingkan tersedia transportasi umum. 
Setiap hari pelajar dilayani angkutan pelajar. Sarana kendaraan yang sudah saatnya diganti. “Kendaraan umum pengangkut pelajar ini juga butuh perhatian,” tegasnya.
Djoko mengungkapkan, perlu layanan sarana transportasi umum, minimal ada sarana transportasi umum bagi pelajar. Ini tugas pemerintah pusat untuk mengalokasi dana bagi penyediaan fasilitas transportasi umum di sini. “Minimal bantuan pengadaan bus oleh Kementerian Perhubungan, dapat dialokasikan juga untuk warga Pulau Sebatik,” tegasnya. 


Pulau Sebatik merupakan salah satu wilayah perbatasan Indonesia yang berada di Kalimantan Utara. Pulau yang berbagi wilayah Indonesia dan Malaysia cukup dekat dengan Kota Tawao (Sabah, Malaysia). Di Pulau Sebatik wilayah Indonesia sudah memiliki jaringan jalan lingkar dua lajur sepanjang 74 kilometer.
Secara administratif, Pulau Sebatik terbagi dalam lima kecamatan. Terkait transportasi air, di pulau ini memiliki lima dermaga, yaitu Dermaga Pos Angkatan Laut, Dermaga Sei Pancang, Dermaga Binalawan, Dermaga Bambangan, dan Dermaga Liang Bunyu. 
Dosen di perguruan tinggi swasta di Salatiga, Jateng ini mengungkapkan, dermaga Sei Pancang memiliki panjang 2.200 meter. “Bisa jadi dermaga ini terpanjang yang pernah dibangun di Indonesia,” katanya.
sebatik-transportasi-umum

Sementara Dermaga Liang Bunyu untuk berlabuh kapal ferry milik PT ASDP Indonesia Ferry yang berhubung dengan Dermaga Sei Jepun (Pulau Nunukan). Djoko mengatakan, dari perjalanannya ke daerah terpencil di wilayah perbatasan di Kalimantan Utara kebutuhan alat transportasi umum memang sangat dibutuhkan. “Ini peran pemerintah pusat untuk memenuhi kebutuhan pelayanan publik.” (*)


Silahkan berikan masukannya di kolom komentar. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk mengKLIK tombol share agar semua orang tahu…
Klik juga 
Like fanpage (https://www.facebook.com/Terminal-Tirtonadi-Solo-136966650170977/)
Ikuti akun twiter  (https://twitter.com/tirtonadisolo) 

Post Author: admin

Leave a Reply