Ibu Kota Jateng dan Bandar Udara yang Baru

bandara-ibukota-jateng

(SEMARANG,terminaltirtonadi.com)- Kota Semarang sebagai Ibu Kota Jateng bakal memiliki bandara baru yang lebih elegan. Kota yang memiliki Bandara Internasional Ahmad Yani sedang dibenahi. Apron dan taxi way sudah selesai dibangun. Sekarang menanti selesainya pembangunan terminal penumpang. 
Menurut pemaparan pengamat transportasi nasional, Djoko Setijowarno, pembangunan Bandara Ahmad Yani masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). “Direncanakan bulan Maret 2018 sudah dapat dioperasikan sebagian,” jelasnya.
Dengan adanya terminal baru pastia akan ada penambahan fasilitas baru, seperti avii bridge, elevator, travelator, dan escakalor. Selain itu, pihak pengelola bandara akan memprioritaskan transportasi umum. Jalur dekat terminal disediakan zona drop off untuk BRT Trans Semarang, Bus Pemadu Moda dan Taksi berargometer.
Djoko juga melihat kendaraan pribadi ternyata diparkirkan di jalur yang agak jauh dari terminal. Dengan demikian, transportasi massal akan lebih mudah dijangkau. Oleh karenanya bus pemadu moda  lebih disiapkan Perum Damri khususnya untuk melayani tiga jurusan luar Kota Semarang.


Adapun BRT Trans Semarang diharapkan bagian Pemkot Semarang yang menyiapkan sarana prasaran ini. “Jalur yang diusulkan khusus BRT Bandara akan melewati 32 hotel tengah kota,” imbuh wakil ketua Masyarakat Transportasi Indonesia ini.
Setidaknya mulai sekarang Pemkot Semarang sudah mulai menyiapkan itu. Jika ada kendala atau hambatan, dapat meminta bantuan Pemprov Jateng. Mengingat saat ini sudah ada BRT beroperasi mendekati bandara, namun belum ada penumpang yang mau menggunakannya menuju bandara. Butuh rute khusus bandara.
Ke depan kata Djoko, tiga tahun lagi direncanakan sudah terbangun jalan layang sepanjang 1.400 meter di jalan akses bandara.
Bagaimanapun, keberadaan terminal baru Bandara Ahmad Yani akan meningkatkan citra Kota Semarang. (*)

Silahkan berikan masukannya di kolom komentar. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk mengKLIK tombol share agar semua orang tahu…
Klik juga 
Ikuti akun twiter  (https://twitter.com/tirtonadisolo)

Post Author: admin

Leave a Reply