Onlen itu Hanya Sistem

gojek-onlen.jpg
(SALATIGA,terminaltirtonadi.com) – Ada yang salah kaprah dengan transportasi olene. Seolah murah, memang murah diawal operasi, tapi tidak menjamin murah selamanya.
Keberadaan onlen sebagai jawaban kebutuhan warga yang haus layanan murah, cepat dan mudah. Tetapi belum tentu ada jaminan selamat, aman dan nyaman.
Untuk menjamin adanya rasa selamat, aman, nyaman dijabarkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan. 
Penyelenggaraan transportasi umum tidak dalam trayek, sudah diatur dalam Permenhub Nomor 28 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 46 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.
Dalam peraturan tersebut mencakup aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan dan keteraturan. Ke enam aspek tersebut, sebagian besar tidak dapat dipenuhi oleh operator taksi onlen. Artinya, dapat merugikan konsumen jika terjadi sesuatu. 

Misalnya, pengemudi dalam kondisi sehat fisik dan mental. Bagaimana operator taksi onlen  mengetahui dan memastikan untuk menyatakan pengemudinya dalam kondisi sehat fisik dan mental, karena tidak ada pertemuan fisik.
Belumlagi waktu kerja pengemudi maksimal 8 jam sehari yang selanjutnya dikondisikan oleh operator taksi dengan sistem 2-1 untuk pengemudinya, yaitu 2 hari kerja dan 1 hari istirahat.
Masih banyak item lain yang tertera dalam Permenhub tersebut yang tidak bisa dilakukan taksi onlen.
Sebenarnya, onlen itu hanya sistem. Sebaiknya, taksi resmi memanfaatkan sistem tersebut, bukan pemerintah membiarkan taksi onlen jadi operator.
Pasti di kemudian hari akan banyak masalah dan akhirnya pemerintah pula yang disalahkan karena sudah mengiizinkan.
Sekarang pun masalah sudah mulai muncul dari konsumen dan driver.
Onlen hanya sistem. Transportasi orang harus  memperhatikan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan.(*)

Dikirim oleh :  Pengamat transportasi nasional, Djoko Setijowarno


Silahkan berikan masukannya di kolom komentar. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk mengKLIK tombol share agar semua orang tahu…
Klik juga 
Like fanpage (https://www.facebook.com/Terminal-Tirtonadi-Solo-136966650170977/)
Ikuti akun twiter  (https://twitter.com/tirtonadisolo)

Post Author: admin

Leave a Reply