Bagaimana Sebaiknya Menyiapkan Mudik Lebaran 2017

(SOLO-terminaltirtonadi.com). Lebaran tinggal menyisakan hitungan bulan lagi. Itu artinya aktivitas massal yakni mudik Lebaran akan kembali terjadi di Indonesia.
Guna mempersiapkan mudik dan balik yang nyaman dan aman. Berikut ini tips sederhana menyiapkan mudik Lebaran 2017.

1. Kendaraan pribadi, terurama sepeda motor masih mendominasi mudik 2017. Sepeda motor masih rawan terhadap kecelakaan lalu lintas. Sejak dini sudah dikampanyekan melarang sepeda motor ditumpangi lebih dari dua orang, apalagi membawa barang yang berlebihan. Anak-anak dilarang menumpangi sepeda motor untuk mudik lebaran.

2. Tol diprediksi dapat beroperasi hingga Pemalang. Namun sangat rawan kemacetan di Kota Pekalongan dan Batang, karena tidak memiliki jalan lingkar luar (outer ring road). Oleh sebab itu, harus diupayakan ruas Tol Pemalang-Batang dapat dpt digunakan fungsional dengan laju 10-20 km/jam sudah sangat membantu. Jika memungkinkan ruas dari Tol Batang-Semarang, ruas Batang-Weleri juga bisa fungsional.

retribusi gratis terminal tirtonadi.jpg
Papan pengumuman retribusi gratis


3. Pemerintah Daerah diminta menyiapkan angkutan umum lanjutan resmi dari stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, agar pemudik tidak kesulitan dan bisa mendapatkan transportasi umum yang murah dan nyaman. Hilangkan praktek taksi gelap dan angkutan umum plat hitam di terminal, stasiun, bandara dan pelabuhan yang jelas merugikan pemudik.

4. Mudik gratis yang diselenggarakan harus dapat membantu meringankan pemudik. Dihimbau bagi penyelenggaran mudik bersama tidak hanya menggunakan bus wisata, tapi juga dapat menggunakan bus reguler AKAP yang cukup banyak armadanya. Selama 10 tahun belakangan mengalami penurunan penumpang. Selain akibat makin membaiknya layanan KA, juga mungkin banyaknya mudik gratis.

5. Tahun ini akan ditandai sejumlah Terminal Tipe A yg kondisinya lebih baik dari sebelumnya. Mulai Januari 2017, semua Terminal Tipe A dikelola Kemenhub berdasarkan UU 23/2014 tentang, Pemerintah Daerah. Penyediaan toilet yang bersih sudah merupakan kewajiban. Diwajibkan pemeriksaan kendaraan dan awak bus. Tidak ada lagi retribusi penumpang, sewa kios dan toilet gratis. Harapannya dengan terminal tipe A yang aman dan nyaman akan menambah jumlah pengguna transportasi umum antar provinsi, antar kota/kabupaten dan lokal. Mengupayakan terminal setara stasiun dan bandara.

6. Pemberangkatan mudik gratis tidak lagi menggunakan lapangan parkir Senayan, Lapangan Monas atau tempat lain bukan terminal penumpang. Kurang mendidik masyarakat dalam bertransportasi. Pasalnya untuk perjalanan jarak jauh antar kota berawal dari terminal. Ada baiknya mulai tahun ini pemberangkatan mudik gratis dapat menggunakan Terminal Pulo Gebang. Selain mengedukasi juga lebih mengenalkan kondisi Terminal Pulo Gebang yang sudah mumpuni sebagai terminal penumpang terbesar se Asia Tenggara.

7. Mudik gratis sepeda motor tidak hanya untuk Jawa. Masih dapat diberikan bagi pemudik sepeda motor ke Sumatera, setidaknya untuk Lampung hingga perbatasan Sumsel..

8. Tiap tahun makin banyak mobil barang yang digunakan mudik. Cukup ditutup terpal dan duduk lesehan. Bisa bawa 3-4 sepeda motor. Cukup efisien dan efektif. Tapi mobil barang sejatinya dilarang bawa penumpang, kecuali dalam hal tertentu. Seperti ini jarus dicarikan solusinya, mumpung belum pernah ada kecelakaan mobil barang untuk mudik. Yang sudah sering, kecelakaan mobil barang untuk berwisata saat mudik lebaran. Biasanya bisa bawa dua sapi besar, tapi kalau angkut orang busa bawa 40 orang. Mobil hewan untuk orang.

9. Hambatan samping berupa pasar tumpah, penyeberangan tidak pada tempatnya, perlintasan KA dan jalan raya yang sebidang masih menjadi problem klasik di daerah.

10. Empat sehat lima sempurna dapat diterapkan saat mudik Lebaran.
Pertama, sehat sarana transportasi. Kedua, sehat prasarana transportasi, ketiga, sehat awak transportasi (sopir, masinis, pilit, nakhoda). Keempat, sehat penumpang. Dan kelima, sempurna untuk taat berlalu lintas selama perjalanan mudik

Selamat menikmati perjalanan. Semoga selamat sampai tujuan. (*)


Oleh : *Djoko Setijowarno, Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia


Silahkan berikan masukannya di kolom komentar. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk mengKLIK tombol share agar semua orang tahu…
Klik juga 
Like fanpage (https://www.facebook.com/Terminal-Tirtonadi-Solo-136966650170977/)

Ikuti akun twiter  (https://twitter.com/tirtonadisolo)

Post Author: admin

Leave a Reply