BERTA TERPOPULER

Kenapa Tidak ? Posko Terpadu Dibangun di Wisata Air Bendung Karet Tirtonadi Solo

posko-terpadu-tirtonadi5

SOLO,terminaltirtonadi.com - Februari 2019 adalah jadwal yang ditetapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta untuk membuka wisata air di Bendung Karet Tirtonadi. Ikon wisata kawasan Tirtonadi ini terpadu dengan jembatan kaca dan jembatan tugu keris, serta perahu motor 
Bahkan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo berharap bendung karet Tirtonadi diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat ini, proyek bendung karet Tirtonadi tengah dalam tahap finalisasi dan ditargetkan rampung pada tahun ini.
Kendati demikin dari pengamatan terminaltirtonadi.com, perlu ada pembenahan-pembenahan mendasar di area wisata itu sebelum benar-benar dioperasionalkan. Di antaranya adalah manajemen lalu lintas di bangjo Gilingan atau sekitar Jembatan Kalianyar. Karena tak jauh dari bangjo itu ada jalur bus menuju terminal sehingga perlu ada manajeman lalin yang bagus. 
Lalu, di sebelah utara terminal atau tepatnya di pintu keluar masuk bus terminal barat juga perlu dipasangi tambahan rambu-rambu dan penataan lokasi. Mengingat kawasan itu diperkirakan akan menjadi pusat pemberhentian pengunjung taman air. 
Dan yang paling pokok adalah pendirian posko terpadu di lokasi-lokasi strategis kawasan wisata tersebut, seperti di barat tugu keris, atau persis di utara pintu masuk Terminal Tirtonadi Solo. Sebab dipastikan, setelah beroperasi nanti pengunjung dari berbagai wilayah akan datang sehingga kepadatan lalu lintas tidak dapat dielakkan lagi.
Baca : Usai Pecah Kaca Diterpa Angin Kencang, Skybridge Tirtonadi-Balapan Tetap Beroperasi 
Baca : Kearifan Lokal Kunci Menuju Terminal Tipe A Wow Lebih Keren
posko-terpadu-tirtonadi1 

Menanggapi tentang pengelolaan kawasan dan manajemen lalu lintas di sekitar kawasan wisata air Tirtonadi. Koordinator Terminal Tirtonadi, Joko Sutriyanto langkah-langkah tersebut. Pihaknya sepakat dengan wacana pendirian posko bersama yang diisi oleh instansi terkait seperti kepolisian, satpo PP, dan terminal. 
"Dari kami setuju-setuju saja dengan wacana posko terpadu. Toh, itu semua demi memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.
Joko mengaku senang di sisi selatan terminal yang dipimpinnya ada objek wisata baru. Dengan begitu, masyarakat yang berasal jauh dari Kota Solo yang kebetulan menggunakan transportasi bus bisa mampir berwisata ke sana.
"Ya secara tidak langsung keberadaan wisata air di utara terminal ini turut membantu meningkatkan jumlah pengguna bus ke terminal. Mereka yang jauh bisa naik bus dan berwisata ke sana," imbuhnya. 
Sementara itu Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan, 
“Bendung karet Tirtonadi akan menjadi wisata air baru bagi warga Kota Solo dan sekitarnya. Nanti akan kita lengkapi juga dengan perahu motor,” kata dia.

posko-terpadu-tirtonadi3

Rudy sapaan wali kota menjelaskan, jembatan Tirtonadi dengan sentuhan ikon tugu keris merupakan bagian dari penghormatan dan penghargaan kepada nenek moyang yang mewariskan budaya bangsa berupa keris. Keris diakui UNESCO sebagai warisan budaya bangsa Indonesia.
Baca : Ada Bus Tua ''Terjang" Dinding Terminal Tirtonadi
Guna melestarikan warisan budaya bangsa ini, di Kota Solo bahkan dibangun Museum Keris Nusantara yang bertujuan menguatkan keberadaan Solo sebagai kota budaya. Operasional Museum Keris menjadi sarana edukasi bagi pengunjung tentang keris, serta keberagaman tosan aji yang ada di Indonesia.
“Semua akan saling melengkapi. Di Tirtonadi ada jembatan tugu keris, dan jika ingin belajar tentang keris datang ke museum. Saya rasa ini akan menjadi magnet bagi Solo,” katanya.(red)

posko-terpadu-tirtonadi4
Simak : Penampakan dan Video KA Bandara Solo