BERTA TERPOPULER

Sambut Libur Natal Tahun Baru, Terminal Tirtonadi Berbenah


SOLO,terminaltirotnadi.com-Menyambut libur panjang Natal dan Tahun Baru 2019, Terminal Tirtonadi, Solo mulai membenahi sarana dan prasarana serta tambahan personel di terminal setempat. Rencananya Kementerian Perhubungan RI menyediakan 50 Armada Mudik Gratis masuk ke Kota Bengawan.
Koordinator Terminal Tirtonadi, Joko Sutriyanto mengungkapkan, untuk menghadapi lonjakan jumlah penumpang pada musim mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada akhir Desember mendatang, pengelola mulai membenahi sarana dan prasarana, serta persiapan personel petugas yang akan diterjunkan pada musin liburan tersebut. 
"Prediksi lonjakan penumpang hampir sama dengan libur lebaran. Jadi berbagai fasilitas tambahan dan personil kami siapkan agar mampu memaksimalkan pelayanan," kata Joko, Rabu (5/12). 
Walau jumlah armada tak sebesar saat mudik lebaran, pihaknya tetap mempersiapkan skema masuknya bus kedalam terminal. Mengingat, di sekitar terminal khususnya di simpang empat Gilingan, Jalan A. Yani masih terdapat pengerjaan beton pembangunan jembatan Tirtonadi. 
Baca : Ada Bus Tua ''Terjang" Dinding Terminal Tirtonadi 
Baca : Sekarang Cari Tiket Pesawat Bisa di Terminal Tirtonadi Solo
"Simpang empat Gilingan langsung berhadapan dengan pintu masuk bus. Oleh sebab itu saat pelaksana mudik Nataru, akan dialihkan menuju pintu utama. Skema seperti ini penting dilakukan guna mengatasi kemacetan, apalagi jika tingkat kedatangan bus tinggi," kata dia.
Selain skema masuknya bus kedalam terminal, saat ini pihaknya tengah menyusun jadwal bagi petugas yang akan dipersiapkan menghadapi libur panjang tersebut. Petugas-petugas tersebut akan dibagi dalam 3 shift, yang akan bertugas selama 24 jam. 
"Petugas akan bersiap 24 jam, penambahan petugas tetap kami lakukan, baik untuk ramcek, keamanan, dan untuk bagian informasi. Karena mudik seperti ini cukup vital." ungkap Joko.
Pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan mengenai pendaftaran program mudik gratis. Joko menuturkan, pada 23 Desember mendatang bus program mudik gratis bakal masuk ke Solo, dengan jumlah berkisar 50 unit bus. 
"Jumlah pastinya masih menunggu perkembangan. Karena pendaftaran mudik gratis Nataru masih dibuka hingga sekarang. Konfirmasi terakhir 50 bus yang akan masuk ke Tirtonadi," kata dia.
Simak : Kirab Kupat Tirtonadi, Uri-uri Kebudayaan di Sekitar Terminal Tirtonadi
Disisi lain, Dinas Perhubungan Kota Surakarta bakal menerjunkan petugas untuk membantu mengatur kelancaram lalu lintas selama libur panjang itu. Nantinya personil akan ditempatkan disejumlah ruas jalan yang terpantau padat serta ruas jalan yang sedang mengalami masa perawatan. 
"Penerjunan petugas tetap kami lakukan. Kami juga akan mengatur kelancaran lalu lintas kendaraan melalui intervensi Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL)," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta, Hari Prihatno.  (SM)
Kunjungi juga : Lima PO ini Perintis Operator Bus Double Decker di Indonesia