BERTA TERPOPULER

Media Memiliki Peran Vital Sosialisasikan Angkutan Umum

bus-bandara-solo


SOLO,terminaltirtonadi.com - Eksistensi angkutan umum, khususnya bus rapid transit (BRT) Kota Solo menuju Bandara Internasional Adi Soemarmo perlu terus diinformasikan ke publik. Peran ini bisa dimanfaatkan oleh media massa baik cetak elektronik, bahkan media sosial sekalipun. 
Pejabat Perum Damri wilayah Jateng, Sutaryadi menuturkan, adanya pemberitaan yang massiv di berbagai media. Angkutan massal yang sudah dioperasionalkan pemerintah bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. 
"Kalau (publikasi-red) tentang keberadaan angkutan massal tidak dilakukan terus menerus tanpa dibantu dengan media informasi, maka selamanya keberadaan transportasi massal selamanya tidak akan berubah," katanya, seperti dikutip dari harian Suara Merdeka. 
Mantan General Manager (GM) Perum Damri Surakarta ini menuturkan, wilayah Solo Raya, khususnya Kota Solo sudah tersedia bus yang menunjang pelayanan ke bandara di Boyolali ke daerah sekitarnya. Pelayanan ini dijalankan Perum Damri dengan bus Batik Solo Trans
"Saya berharap, fasilitas yang disediakan pemerintah ini juga dimanfaatkan sebaik-baiknya. Mengingat tarifnya tidak mahal, dan nyaman bagi penumpang."
Sutaryadi mengungkapkan, pemerintah pusat dan daerah juga memiliki peran yang besar untuk menggenjot tingkat keterisian penumpang di BRT ini. Salah satunya caranya adalah memberikan subsidi bagi operator bus. 

Baca juga : Jaminan Keamanan di Simpul Transportasi Butuh X-Ray 
Cek Video : https://www.youtube.com/watch?v=hUC-29xRdt8

Peran pemerintah

Ia membandingkan dengan pengelolaan BRT ini di Kota Semarang. Menurutnya, 
BRT di Semarang cukup memperhatikan pelayanan dan tentunya tarif bagi penumpang. 
"Di Semarang anak sekolah yang nai BRT membayar Rp 1.000, karyawan pabrik juga Rp 1.000. Penumpang umum ditarik Rp 3.500," imbunhnya. 
Pria yang membawahi operasional bus DAMRI wilayah Kalimantan dan Cabang Yogyakarta, Solo, Semarang, Purworejo, Cilacap, dan Purwokerto ini berharap keberadaan BRT tetap dijalankan dan syukur-syukur ditambah rutenya.  
Lihat juga :  Djoko Setijowarno : Pilihan Strategi Penataan Transportasi Perkotaan 

Silahkan berikan masukannya di kolom komentar. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk mengKLIK tombol share agar semua orang tahu...

Like fanpage 
Ikuti akun twiter  (https://twitter.com/tirtonadisolo)