Inilah Keunggulan Skybridge Solo di Kota Surakarta

SOLO,terminaltirtonadi.com – Jembatan penghubung sebagai jalur jalan kaki penumpang atau lazim disebut sebagai skybridge sangat mudah dijumpai di kota-kota besar di dunia dan Indonesia. 
Di Tanah Air seperti di Ibukota DKI Jakarta, bisa dibilang paling merajai untuk segi jumlah dan ukuran jembatan penyeberangan ini.  Pun demikian kota-kota besar lainnya, seperti Surabaya, Bandung, Medan, dan ibukota lainya. 
Namun perlu diketahui satu-satunya kota sedang di Indonesia yang memiliki jembatan penyerbarangan terunik ada di Kota Solo. Ya, Solo atau Surakarta yang bukan sebagai kota besar malah memiliki jembatan penyeberangan yang unik. Kenapa demikian, berikut alasan skybridge keren 
 
1. Jembatan penghubung pusat transportasi
 
Skybridge Solo merupakan penghubung dua pusat kegiatan transportasi yakni Terminal Tirtonadi tipe A Solo, dan Stasiun Balapan di ujung utara. Tak banyak di kota-kota besar di Indonesia memiliki jembatan penyeberangan yang menyatukan dua pusat sistem transportasi besar ini. Penumpang yang ingin beralih moda transportasi akan diuntungkan oleh jembatan ini. 
 
skybridge-solo-4
 

Baca Juga : Ada Proyek Flyover, Akhir Pekan di Solo Hindari Jalan Setiabudi 

 
2. Jembatan penghubung terpanjang
 
Skybridge Solo merupakan jembatan penghubung dua moda transportasi yang terpanjang di Indonesia. Total panjang dua jembatan ini mencapai 437 meter. Para calon penumpang yang hendak memafaatkan jembatan ini bisa berjalan nyaman aman di sepanjang lorong yang dibangun memanjang membujur dari utara ke selatan. Waktu tempuh untuk mencapai ujung satu (terminal Tipe A Tirtonadi) ke ujung lain jembatan ini sekitar 10-15 menit.
 
3. Arsitektur Unik
 
Skybridge Solo memiliki karakteristik unik. Sebagian bangunan dibuat lebih tradisional dengan lantai marmer dan bangunan dari kayu. Dibagian lain, bangunan dibuat modern dengan arsitektru tinggi. Keindahan bangunan ini bisa dilihat siang dan malam hari. Pada malam hari lampu-lampu lorong akan memperindah jembatan penghubung, pada siang hari bangunan yang kokoh dengan pilar penyangga memberikan kesan yang gagah dan berani.
 
skybridge-solo-2
 
4. Bangunan dibuat dua institusi
 
Jembatan penyebarangan Solo dibangun oleh dua instansi berbeda dalam satu kementerian yakni Kementerian Perhubungan. Sekitar sepertiga Skybridge dibangun oleh Dirjen Perkeretaapian karena lahannya bangunan di atas tanah milik PT KAI. Sebagaian lagi dibangun oleh Kementerian Perhubungan di bawah Ditjen Perhubungan Darat
 
Demikianlah sedikit tentang keunggulan skybride Kota Solo. Ditulisan lain akan disinggung tentang keunggulan lain jembatan penyeberangan teranyar ini.
 
skybridge-solo-1

Sumber foto : google

Simak Juga : Masjid Musafir Mampu Tampung 1.000 Jamaah Sekaligus

 

Post Author: admin

Leave a Reply