Mirisnya Transportasi Umum di Tarakan Kalimantan Utara

umum-tarakan-transportasi
(TARAKAN,terminaltirtonadi.com)– Seperti halnya kota lain di Indonesia, kondisi transportasi umum di Kota Tarakan kota terbesar di Provinsi Kalimantan Utara cukup memprihatinkan. Dari 800-an armada yg diizinkan, kini tinggal 300-an yang masih beroperasi. Itupun dengan kondisi armada yang usianya sudah lebih dari 15 tahun.
Tingkat isian transportasi umum sekitar 30 persen. Dari 10 rute, sekarang tinggal tiga rute yang masih bertahan beroperasi. Itupun makin hari makin menurun publik yang mau menggunakannya.
Awal 2017, Kota Tarakan dapat bantuan 10 armada bus dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat kementerian Perhubungan RI. Bus tersebut baru dapat dioperasikan sejak Mei 2017 oleh perusda milik Pemkot Tarakan.


Bantuan subsidi hingga akhir tahun Rp 735 juta dianggarkan untuk operasional. Bus tersebut dioperasikan untuk satu rute. Berangkat dari Terminal Bom Panjang.
Gaji sopirnya hanya Rp 1,7 per bulan, masih  di bawah UMK. Kemampuan APBD Kota Tarakan Rp 1,2 triliun tidak sanggup untuk menganggarkan operasional bus tersebut. Idealnya, dengan panjang jaringan layanan 26 km, memerlukan sekitar Rp 10 miliar – Rp 15 miliar, agar dapat beroperasi secara berkelanjutan.
transportasi-tarakan-umum

Selain juga kesadaran kelola daerah untuk bersungguh-sunggu memberi perhatian pada pengembangan transportasi umum masih rendah. Pasalnya, subsudi tidak harus dari anggaran Pemda, namun dapat libatkan swasta. Asal pengelolaannya profesional.
Kelemahan di daerah dalam hal operasi transportasi umum adalah sumber daya manusia yang terbatas, anggaran yang minim, kelembagaan yang tidak mendukung, selain juga kurangnya kesadaran penuh dari kepala daerah.
Pemerintah pusat jangan membiarkan terlalu lama seperti ini. Koordinasi antara Kemenhub, Kemenkeu dan Kemendagri harus segera dilakukan untuk mewujudkan transportasi umum di daerah yang humanis. Jika tidak hanya sekedar sebagai wacana jalan panjang perencanaan. (*)

Dikirim oleh : *Djoko Setijowarno, Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia


tarakan-transportasi-umum


Silahkan berikan masukannya di kolom komentar. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk mengKLIK tombol share agar semua orang tahu…

Klik dan Like juga fanpage (https://www.facebook.com/Terminal-Tirtonadi-Solo-136966650170977/)

Ikuti akun twiter  (https://twitter.com/tirtonadisolo)

Post Author: admin

Leave a Reply