Ada Bus Tua ”Terjang” Dinding Terminal Tirtonadi

mural-terminal-tirtonadi

(SOLO,terminaltirtonadi.com)-Karya mural menghiasi ruang utama (hall) Terminal Tirtonadi Solo, Jateng. Sebuah lukisan bus tua berwarna merah, putih bak menerjang tembok terminal. Dinding tembok terminal pun menganga, seolah menegaskan bus tingkat itu siap masuk gedung terminal.  
Lukisan yang menghias dinding sebelah tengah barat itu mencolok dan memberikan pandangan baru bagi calon penumpang dan penumpang yang hendak mencari bus jurusan barat Kota Solo. 
Belum genap dua minggu, lukisan mural itu menghiasi pojok terminal Solo. Namun, karya seni yang memberikan alternatif hiasan terminal semacam ini mendapat antusisme penghuni terminal terbesar di Solo Raya ini. Bahkan, ada pula yang meminta diperbanyak saja supaya bisa mengurangi kejenuhan bagi pembaca.
“Ya, setuju saja. Mural semacam ini diperbanyak supaya terminal lebih indah, lebih milenia, ” ujar Asep calon penumpang yang hendak menuju ke Wonosobo. 


Tak hanya dilukis di dalam terminal saja, bagian-bagian lain gedung di terminal juga dihiasi, tak melulu mural bisa dihiasi yang lain. Mahasiswa di perguruan swasta di Solo ini mendukung perubahan mindset di terminal tipe A. “Kesannya itu terminal lebih nyeni, tidak jorok dan angker. Suasana seni dan indah ini amat dibutuhkan untuk mengubah imej terminal sarang kriminalitas dan jorok,” imbuhnya. 
Kepala Terminal Tipe A Tirtonadi, Didik Trimargono mengungkapkan, hiasan dinding yang dipajang di Tirtonadi merupakan program dari pemerintah pusat. Tujuannya adalah memberikan nuansa dan pengalaman berbeda bagi penumpang. 
“Iya, itu program pemerintah pusat (Kementerian Perhubungan), baru saja dilukis di sana,” tuturnya. 
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI sedang getol-getolnya mewujudkan Program Terminal Bus A Wow jauh Lebih Keren. Salah satu programnya adalah mengubah terminal tipe A menjadi lebih nyaman, aman dikunjungi penumpang. Terminal Tirtonadi Solo sebagai salah satu terminal tipe A paling maju di Indonesia menjadi pelopor dalam program itu. (*)  
  

Silahkan berikan masukannya di kolom komentar. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk mengKLIK tombol share agar semua orang tahu… Klik dan  Like fanpage (https://www.facebook.com/Terminal-Tirtonadi-Solo-136966650170977/)
Ikuti akun twiter  (https://twitter.com/tirtonadisolo)

Post Author: admin

Leave a Reply