BERTA TERPOPULER

Masjid Musafir Mampu Tampung 1.000 Jamaah Sekaligus

-Bangunan Ikon Terminal Tirtonadi 

(SOLO, terminaltirtonadi.com) - Sesuai dengan namanya Masjid Musafir, masjid satu ini diperuntukan bagi umat Islam yang ingin menunaikan ibadah shalat lima waktu di sela-sela menempuh perjalanan. Masjid ini didirikan di Terminal Tirtonadi Surakarta. Sejak terminal ini berdiri, tempat ibadah ini juga ikut dibangun. 
Singkat cerita pembanguan Terminal Tirtonadi Solo digeber sejak beberapa tahun lalu, kini sudah menunjukkan wajah aslinya. Di antara fasilitas anyar yang kini bisa dibilang monumental adalah bangunan masjidnya, yang tak lain adalah Masjid Musafir.
masjid-terminal-tirtonadi
Masjid Musafir di dalam bangunan utama Terminal Tipe A ini terletak di samping kantor Kepala Terminal Tirtonadi. Masjid ini terhubung dengan pintu keluar masuk penumpang dari area parkir lantai atas dan skybridge penghubung Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan.
Bangunan masjid ini tetap terhubungan dengan bangunan-bangunan lain, tetapi posisinya strategis agar mudah dijangkau penumpang. 
Pada saat dibangun beberapa waktu lalu, tempat ibadah ini menghabiskan anggaran miliaran rupiah dari APBN Pusat. Prioritas pembangunan fisik masjid ini memang lebih dikedepankan untuk memberikan suasana sejuk bagi penumpang saat masuk terminal. 


Staf Balai Pengelola Transportasi Daerah (BPTD) Wilayah X Jateng DIY, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kemenhub, Eko Agus Susanto mengatakan, masjid di dalam terminal memberikan kesan kenyamanan dan keamanan. Terminal bukan lagi tempat angker, sarang kriminalitas. Saat beribadah di dalam masjid dijamin khusyuk karena barang-barang bisa dititipkan di tempat penitipan, serta suasana ruang masjid yang bersih dan harum.
"Saya jamin beribadah di masjid ini akan khusyuk. Tapi masjid bukan tempat tidur jadi memang tidak boleh tiduran," katanya.   

Tampung jamaah 

Masjid yang terbilang megah ini bila dimaksimalkan menampung 1.000 jamaah. Pada saat Idul Fitri atau Idul Adha, di masjid ini juga digelar shalat id. Itu artinya seluruh penghuni dan penumpang yang kebetulan berada di masjid ini bisa menunaikan ibadah shalat id. 
Mantan Kepala Terminal Tirtonadi ini mengungkapkan, pasokan air bersih di masjid ini juga terpenuhi. Takmir, petugas jaga barang-barang jamaah, dan tenaga kebersihan juga siap siaga. "Selama terminal tidak tidur 24 jam, masjid ini juga tidak tidur, selalu saja ada yang beribadah di sana."


Bahkan saat Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman besama rombongannya berkunjung ke terminal untuk melihat dari dekat kondisi riil terminal mengaku terkesan dengan fasilitas yang tersedia di Terminal Solo ini. Menurut Usmar, Kota Bogor harus memiliki terminal setara dengan Tirtonadi ini. Karena terminal ini menjadi kebanggaan warga dan tentunya kota bersangkutan. (*)

Silahkan berikan masukannya di kolom komentar. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk mengKLIK tombol share agar semua orang tahu... Klik dan  Like fanpage (https://www.facebook.com/Terminal-Tirtonadi-Solo-136966650170977/)
Ikuti akun twiter  (https://twitter.com/tirtonadisolo)