Bukan Tarif Murah Tapi Tarif Wajar

TARIF WAJAR TAKSI APLIKASI

(SALATIGA,terminaltirtondi.com) – Pemerintah telah mengeluarkan aturan baru taksi aplikasi. Cukup banyak tambahannya dibanding aturan yang sebelumnya. Salah satunya melarang tarif promo di bawah tarif batas bawah. Unsur kesetaraan agar taksi resmi, bisnisnya masih tetap berlangsung. Dan taksi aplikasi juga mendapat tempat berbisnis.
Besaran tarif memang harus diatur. Batasan tarif batas atas untuk melindungi konsumen. Sedangkan tarif batas bawah untuk keberlangsungan usaha, sehingga pengemudi yang merangkap pebisnis taksi aplikasi mendapat keuntungan yang wajar. Besaran tarif tersebut sudah memperhitungkan aspek keselamatan, kenyamanan dan keamanan bagi penumpang.


Tarif murah merugikan pengemudi, tidak bisa menutup biaya operasional. Jika tarif yg dikenakan terlalu murah, ujungnya akan berimbas pada keselamatan. Bisa disaksikan beberapa waktu lalu ada kecelakaan beruntun bus wisata yang bertarif murah. Kenyataannya, keselamatan penumpang-lah yang diabaikan. Publik harus sadar itu. Bukan tarif murah tapi tarif wajar.
Jika ingin menggunakan transportasi umum bertarif murah, tuntutlah kepala daerahnya untuk menyediakan transportasi umum yang dapat menggapai area pemukiman penduduk. Dan mintalah subsidi bagi penumpang yang menggunakannya. Tarif wajar untuk menjaga keselamatan, keamanan dan kenyamanan. (*)

Dikirim oleh : *Djoko Setijowarno, Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia

djoko-setijowarno

Baca pula : Djoko Setijowarno : Bisnis tidak Sehat dan Tarif Wajar 


Silahkan berikan masukannya di kolom komentar. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk mengKLIK tombol share agar semua orang tahu…
Ikuti akun twiter  (https://twitter.com/tirtonadisolo)


Post Author: admin

Leave a Reply