5 Desain Stasiun Bus Terbaik di Dunia

(terminaltirtonadi.com) – Di benak kebanyakan orang, desain terminal bus hampir identik dengan sesuatu yang glamor dan besar. Tapi memang hal itu jauh berbeda bila kita berpikir dengan desain bandara dan stasiun kereta yang arsitekturnya lebih inovatif dan bergaya. 
Namu demikian, ada negara-negara yang maju di Eropa yang sudah mengenalkan desain terminal lebih maju dan inovatif. Di antaranya Terminal Bus Spaarne Hospital di Swiss, yang desainnya tampak seperti rahang ikan paus. 
Nah di bawah ini adalah lima dari terminal bus yang dirancang arsitek-arsitek terbaik di dunia.
 
1. Stasiun bus di Spaarne Hospital di Belanda
terminal-Spaarne-Hospital
 
Desain terminal ini diciptakan arsitek raksasa Belanda NIO, berfungsi sebagai di depan rumah sakit Spaarne Hoofddorp, menyerupai rahang ikan paus. 
terminal-Hospital-Spaarne
 
Dibangun pada 2003, bangunan terminal dijadikan persimpangan antara di jalan protokol di kawasan itu. 
Materi terbesar bangunan itu diambil dari bahan sintetis, terminal ini terbuat dari potongan-potongan besar busa polystyrene.
 
2.Stasiun Bus Poole Inggris 
terminal-uk-pansion
 
Sekitar 40 tahun Terminal Bus Wilts & Dorset Poole direnovasi oleh arsitek yang bernama Penson, desainnya menyerupai sebuah mimpi yang hidup. Seperti mural raksasa, yang mencerminkan lukisan berbagai kegiatan penduduk lokal, seperti selancar angin yang memberikan tampilan sepotong besar kaca yang mencerminkan aktivitas stasiun di bawah ini. 
pansion-uk-terminal.jpg
 
Dengan pencahayaan yang indah, bangunan termasuk kolam koridor yang mengarah ke titik keberangkatan bus serta pusat perbelanjaan.
3. Arriva Headquarters Guimarães Portugal
RVDM-terminal-portugal
 
Ricardo Vieira de Melo (RVDM) Arquitectos merupakan fasilitas bus yang dimiliki Edifícios Portugueses. Terminal ini dibangun sebagai solusi dari persoalan logistik tertentu termasuk sebagai sarana transportasi perusahaan Arriva. 
RVDM-portugal-terminal
 
Bangunan perkantoran di dalamnya dilapisi lacquer festoons yang bisa memberikan pemandangan dan menjadi penerang ruangan yang bersumber dari sinar matahari. Bangunan sekaligus terminal bus ini juga berfungsi sebagai mengurangi polusi suara.
 
4.Stasiun Bus Slough Bus Inggris 
slough-terminal-uk
 
Salah satu stasiun bus terbaik di dunia berada Kota Berkshire Inggris. Terminal ini dinamakan Slough. Terminal ini sebagai penghormatan kepada astronom lokal William Herschel yang menemukan inframerah gelombang pada 1800. Arsitek dari Kota London Bblur menciptakan sebuah bangunan yang mirip bergelombang untuk mewakili cahaya panjang gelombang yang berbeda. 
slough-uk-terminal
 
Aluminium berkilau sepanjang 130 meter di pasang sebagai kanopi terminal ini, dimana cahayanya bisa mengalir turun pada salah satu ujungnya. Cahaya yang memantul nampakseperti memeluk struktur bertingkat dua yang berkilauan bagian bangunan yang di bawahnya terdapat kantor Tiket, sopir fasilitas, kios koran, café, ruang tunggu dan toilet. 
Bangunan yang melengkung juga menawarkan perlindungan untuk pejalan kaki saat berjalan di antara stasiun kereta api dan pusat kota. 
5. Stasiun Bus Cloud-Like Canopy in Aarau Swiss
zurich-terminal-terbaik
Seorang arsitek berasal dari Zurich Mateja Vehovar dan Stefan Jauslin merancang desain terminal bus yang unik, yakni reflektif dan semi-transparan, dengan kanopi kebiruan yang mengingatkan kita udara bantal. 
Stasiun yang seperti melayang di udara ini memiliki kanopi gelembung fine yang khusus dicetak ole courtesy Jauslin dan Paolo Monaco. Terminal ini menawarkan volume 1810 cu m,. Dimana atap awan adalah salah satu bantal udara membran tunggal terbesar di dunia.
terminal-terbaik-zurich
 
 
Demikianlah lima desain terminal terbaik di dunia. Pada tulisan berikutnya akan disajikan terminal-terminal dengan desain top oleh arsitektur kenamaan di dunia. (*) Sumber : http://www.designcurial.com

Post Author: admin

Leave a Reply